News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pimpinan Serikat Buruh Dunia!! Pimpinan kita Ada Disana.

Pimpinan Serikat Buruh Dunia!! Pimpinan kita Ada Disana.

Pada kesempatan kali ini, sesuai dengan judul Artikel  ini yaitu Pimpinan Serikat Buruh Dunia dan Pimpinan kita Ada Disana

Dua hari yang lalu tepatnya pada tanggal 13 November 2022, Presiden KSBSI sekaligus Chair L20 Elly Rosita Silaban dalam sambutanya, mengucapkan selamat datang kepada para delegasi pemimpin serikat buruh dunia pada acara sesi puncak L20 di Bali, hari Minggu 13 November 2022.

Agenda L20 Summit ini akan dihadiri langsung sebagai Keynote Speech dari Airlangga Hartarto Cordinating Minister For Economic Affairs Indonesia dan juga Dr. HJ. Ida Fauziyah Minister Of Manpower Indonesia.
Side event L20 Summit Indonesia 2022 resmi dibuka dengan menggelar Workshop tentang hak buruh terkait memperluas perlindungan tenaga kerja dan jaminan sosial bagi para pekerja di platform digital. Agenda side event ini dilakukan pada pagi harinya sebelum dimulai agenda opening L20 Summit di Bali, Minggu (13/11/2022).
Ada dua sesi pembahasan dalam agenda side event kali ini, yang pertama, tentang pencapaain pekerjaan yang layak untuk pekerja platform digital yang dimoderatori oleh Maria Emeninta atas nama ACV-CSC Belgium sekaligus Koordinaotr program regional asia pasifik dan ada 4 pembicara yakni Veronica Nilsson General Secretary, Trade Union Advisory Committee to the OECD, TUAC. Rekson Silaban Head, National Advisor, KSBSI. Koen Detavernier Word SOcial Movement/Confederation of Chistian Trade Unions (ACV-CSC Belgium). Ruwan Subasinghe, Legal Director, International Transport Workers' Federation, ITF.

Dalam sambutannya, Elly Rosita Silaban mengatakan bahwa L20 menyerukan komitmen global baru untuk Kontrak Sosial Baru, dan untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan memperluas perlindungan tenaga kerja, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta cakupan skema perlindungan sosial kepada pekerja platform digital.

Elly juga menyoroti tentang Perubahan iklim, risiko perubahan iklim lebih tinggi berada di Asia dan Pasifik dibandingkan dengan rata-rata dunia (lihat ADB).

"Asia Pasifik adalah negara yang berkontribusi tahunan terbesar terhadap emisi CO2 global. 50% emisi gas rumah kaca global berasal dari Asia dan Pasifik. Dan wilayah ini tetap sangat bergantung pada energi batu bara." kata Elly saat menyampaikan pidatonya di agenda Pembukaan L20 Summit Bali Indonesia 2022, Minggu (13/11/2022).

Sebagai pemegang keketuaan L20, Elly mengaku telah menghadiri lebih dari 60 pertemuan dalam satu tahun sejak penyerahan dari SB Italia.
"Baik pertemuan online maupun offline, mulai dari pertemuan dengan kelompok kerja pemerintah, pembicara di berbagai forum, pertemuan dengan 10 kelompok keterlibatan dalam G20, dan kami memastikan bahwa semua yang kami lakukan selalu dikonsultasikan dengan ITUC." ungkapnya.

Sebagai informasi, Pembukaan L20 Summit Indonesia 2022 resmi dibuka langsung oleh Sekjen ITUC Sharan Burrow dengan pemukulan gong secara simbolis. Turut mendampingi Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah serta turut memberikan sambutan di sesi pembukaan Veronika Nilsson Sekjen Trade Union Advisory Committee to the OECD, TUAC dan Elly Rosita Silaban Chair L20.

Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI sekaligus Ketua Sherpa Track G20 Indonesia mengatakan dalam L20 Summit ini pemerintah sudah menerima Communique L20 beberapa waktu yang lalu di Bali juga, dan seluruh aspirasinya sudah pemerintah terima.

"Dalam  L20 ini, dari pemerintah sudah menerima Communique beberapa waktu lalu di Bali juga, dan aspirasinya sudah kami terima." kata Airlangga di sesi konferensi pers seusai menghadiri  L20 Summit Indonesia 2022 di Bali, Senin (14/11/2022).

"Dan memang dari seluruh rangkain dari Engagement Group, karena L20 bagain dari Engagement Group." jelasnya.

Lebih lanjut, Airlangga juga menyampaikan persoalan tempat dan logistik rangkaian G20 yang terpisah-pisah dan bukan di lokasi KTT.

"Dan tempatnya di berbagai tempat dan tempatnya bukan di tempat Konferensi, bukan berarti L20 mendapatkan perlakuan yang berbeda, ini semuanya sama, karena banyak yang bertemu. Termasuk Sherpa juga ketemunya di InterContinental Jimbaran, karen kehadiran lebih dari 3.000 orang, sangat besar, karena ini menjadi sangat besar. Dan ditambah lagi, diantara G20 ada pertemuan-pertamuan lainnya, sehingga pure masalah logistik." ungkapnya.

"Saya apresiasi kepada Elly Rosita Silaban dan Sharan Burrow, karena sudah membawa delegasi internasional hadir disini. Dan tentunya kedepan kerja sama antara public private partnership dan Labour itu menjadi sangat penting, serta dalam perjanjian internasioanal unsur Labour menjadi hal utama." tutupnya.


Sourcehttps://www.instagram.com/media_ksbsi/

Tags

Berlangganan Artikel

Supaya tidak ketinggalan update artikel dari kami, Yukk langganan dengan cara masukan email anda.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan apa yang anda baca!