News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

INI YANG HARUS KAMU LAKUKAN KETIKA DI PHK

INI YANG HARUS KAMU LAKUKAN KETIKA DI PHK

 


Kita tahu, dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, bukan tidak mungkin sebagai pekerja kamu akan mengalami PHK.

Ketika di sodori surat PHK dari perusahaan tempatmu bekerja, jangan terburu-buru mengibarkan bendera putih. Pasrah/Menyerah.

Ini yang harus kamu lakukan ketika di PHK.

Langkah Pertama, JANGAN PANIK. Ini langkah utama dan pertama yang harus kamu lakukan. Tenang tarik nafas dalam-dalam dan meminta penjelasan kepada management kenapa kamu di PHK.

Langkah kedua, LAKUKAN PENOLAKAN. Meskipun PHK adalah sebuah keniscayaan, sampaikan ke pihak perusahaan, bahwa anda menolak di PHK. Berdasarkan UU 13/2003, PHK yang tanpa izin Lembaga Penyelesaian Hubungan Industrial batal demi Hukum. Dengan anda tolak, maka PHK sepihak yang di lakukan perusahaan dengan sendirinya Batal demi Hukum.

Langkah ketiga, HUBUNGI SERIKAT PEKERJA. Segera berkoordinasi dengan serikat pekerja, untuk mendapatkan pembelaan. Pastikan serikat pekerja melakukan perlawanan terhadap PHK tersebut. Hal ini penting, agar ke depan pengusaha tidak mudah melakukan PHK kepada karyawan lain.

Langkah keempat, CARI USAHA SAMPINGAN. Selama proses perselisihan berlangsung, cari sumber penghasilan sementara. Misalnya dengan jualan, freelance, dan atau mendaftar sebagai driver transportasi online. Hal ini agar kamu punya daya tahan yang panjang untuk berjuang.

PESAN PERJUANGAN. "Perjuangan menolak PHK sejatinya adalah upaya penuh warna untuk memastikan agar setiap orang yang bekerja tetap memiliki harapan"Dengan adanya perlawanan yang keras, pengusaha tidak akan lagi dengan mudah melakukan PHK di kemudian hari.

Jika ada yang hendak di tanyakan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih atas apresiasinya semoga hari-harimu menyenangkan 😊.



Penulis : SDA
Sumber : Bicaralah Buruh

Tags

Berlangganan Artikel

Supaya tidak ketinggalan update artikel dari kami, Yukk langganan dengan cara masukan email anda.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan apa yang anda baca!