News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sama-Sama Butuh

Sama-Sama Butuh

 


Nggak apa-apa di gaji di bawah UMK, karena saya lagi butuh kerja.
Pernah ga sih kalian mendengar ada buruh yang mengatakan Demikian? Kalau saya sih sering banget 🤭

Dengan dalih butuh kerja, ada yang rela di bayar di bawah UMK. Bahkan bekerja di tempat berbahaya tanpa Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai.

Padahal bukan hanya buruh yang butuh kerja, majikanpun juga membutuhkan tenaga kita. Tapi kalau buruh tidak bersedia menerima, ia bisa saja di ancam akan di berhentikan dari tempat kerja.

BUKAN SEMATA-MATA KARENA KESALAHAN BURUH. Saya paham, buruh seringkali berada di pihak yang lemah. Sehingga tidak berdaya ketika di perlakukan tidak adil di tempat kerja.

Karena itu, harus ada Penegak Hukum yang kuat dari aparatur Penegak Hukum. Itulah kenapa ada Pengawas Ketenagakerjaan bahkan pihak kepolisian.

Dengan ancaman Hukuman yang sedemikian berat, jika hukum perburuhan di tegakkan, tidak ada lagi buruh yang bekerja tetapi upahnya hanya dibayarkan sekedarnya.

Yaitu tadi, jangan sampai hukum tajam ke bawah tetapi tumpul ketika bertemu orang yang berduit.

LOYALITAS ADALAH KEHARUSAN, TAPI JANGAN BURUH SAJA. Kita setuju, bahwa buruh harus  memperlihatkan loyalitas kepada perusahaan. Tetapi jangan buruh saja yang loyal. 

Perusahaan pun harus loyal kepada buruhnya, dengan memberikan fasilitas kesejahteraan. Kalau loyalitas hanya satu sisi, itu namanya Exploitasi.


Pengusaha boleh kaya. Boleh memilik mobil mewah. Tinggal dirumah yang megah. Tapi secara bersamaan, kamu tidak boleh memiskinkan kami, Kaum Buruh.

Kurang lebihnya seperti itu. Terimakasih

Semoga bermanfaat untuk memberitahu tentang hukum ketenagakerjaan.



Penulis : Soma Darmawinata
Sumber : Bicaralah Buruh
#UU Ketenagakerjaan

Tags

Berlangganan Artikel

Supaya tidak ketinggalan update artikel dari kami, Yukk langganan dengan cara masukan email anda.

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan apa yang anda baca!